Minggu, 19 Juli 2020

5 Cara Mudah Memilih Kepiting Segar Agar Enak Saat Dimasak

Jika berbicara mengenai olahan laut, maka tak akan luput dengan kepiting. Makhluk bercapit dan memiliki cangkang ini memang sangat umum dikonsumsi dan diolah menjadi aneka ragam menu yang menarik.
5 Cara Mudah Memilih Kepiting Segar Agar Enak Saat Dimasak
Namun, untuk menghasilkan cita rasa yang menarik dan maksimal, maka pemilihan kepiting juga harus tepat dan sehat. Bila kamu penasaran bagaimana cara memilih kepiting yang sehat secara tepat, berikut lima daftarnya.

1. Perhatikan bagian perutnya

Jika kamu berkesempatan untuk memilih kepiting, maka jangan lewatkan untuk memerhatikan bagus perutnya. Bagian ini akan membantumu dalam menentukan kesegaran yang dimilikinya. Kepiting yang sehat cenderung memiliki perut yang lebih kokoh saat ditekan. Sementara, kepiting yang memiliki perut lembek bisa jadi telah kehilangan daging di dalamnya.

2. Pergerakannya aktif

Hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika memilih kepiting adalah dengan melihat pergerakannya. Pilihlah kepiting yang masih aktif atau agresif dalam bergerak. Hindari memilih kepiting yang telah lama mati karena akan memengaruhi kualitas dan cita rasanya.

3. Aromanya tak berbau

Cara selanjutnya untuk memilih kepiting segar adalah dengan cara memerhatikan aromanya. Hal ini berlaku bila kamu memilih kepiting yang telah mati. Pastikan kepiting tidak memiliki aroma tak sedap karena itu berarti sudah tak segar lagi. Kepiting yang segar memiliki aroma yang khas dan tidak menyengat.

4. Melihat tempat penyimpanannya

Ketika kamu berkesempatan membeli kepiting langsung ke penjualnya, maka coba tanyakan kesegaran yang ada pada kepiting tersebut. Hindari memilih kepiting dari tempat yang basah karena akan menguras energi dan mengurangi dagingnya. Pilihlah kepiting yang disimpan di tempat kering. Bila bertemu penjualnya, kamu dapat tanyakan kapan kepiting tersebut ditangkap.

5. Perhatikan capitnya

Hal selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah dengan melihat capit yang terdapat pada kepiting. Capit menunjukkan kesegaran dan agresivitas dari kepiting. Cobalah perhatikan apakah kepiting memiliki capit yang tajam atau justru pipih karena itu dapat menentukan kualitasnya.

Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu yang akan membeli kepiting. Mudah dilakukan, bukan?